DAKWAH ITU MENGGEMBIRAKAN, BUKAN MEMBUAT ORANG TERTEKAN: Menumbuhkan Kesadaran Berjilbab

Hasil gambar untuk BERJILBAB

Oleh Maryam Chaniago

Entah kenapa hati saya selalu resah, ketika orang-orang dewasa berkata demikian, “Berjilbab itu hukumnya wajib! Jangan dibantah! Itu perintah Allah! Kalau tidak taat pada Allah nanti kamu masuk neraka!.”
Kemudian anak-anak berlari ke arah saya,”Ustadzah, apakah agama itu dogma?”

Saya berusaha menenangkan hati anak-anak dengan keringat bercucuran. Saya bergumam dalam hati, semoga jawaban yang saya berikan mampu menahan gejolak emosi anak-anak yang cerdas ini.
Ketika saya berbicara pada anak-anak, saya merasakan emosi mereka. Mereka ketakutan, mereka tertekan. Apakah menyampaikan syariat islam harus dengan cara-cara yang menyeramkan seperti ini?
Iman adalah pengalaman spiritual. Apabila iman belum tumbuh di hati anak-anak kita, jangan paksakan mereka. Ceritakan saja mengenai hal-hal yang indah, ingatkan dengan kata-kata yang baik.
Saya pun, baru menggunakan jilbab ketika saya kuliah. Bukan saya tidak tau bahwa jilbab itu pelindung. Semua karena pergaulan. Orang tua saya menyekolahkan saya di sekolah umum, dari TK sampai kuliah. Dengan konsekuensi, ada jam-jam pelajaran diniyyah ketika saya di rumah.
Masa-masa jahiliyah sudah saya lewati. Dari ngehedon bareng temen-temen, pakai pakaian yang tidak menutup aurat, menggunakan riasan tebal, dsb. Semakin bertambahnya umur, saya semakin menyadari. Betapa bodohnya diri ini. Masa-masa itu telah berlalu. Sekarang harus lebih baik dari pada hari-hari lalu.
Ketika saya masih suka menggunakan pakaian yang tidak menutup aurat, orang tua saya berkata, “Mbak, apakah kamu tidak bisa menghargai diri sendiri? Kamu itu cantik, sayangi dirimu sendiri” Diucapkan kata-kata itu selama bertahun-tahun, sampai saya dengan kesungguhan diri saya sendiri menggunakan jilbab. 

Semoga kita semua dimudahkan dalam proses spiritual kita :)

يَا بَنِي آَدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآَتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ
Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.” (QS. Al-A’raf: 26)



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kucing Peliharaan