Kamu Jenis Pembaca yang Mana?

Polygamist Reader

Seperti kata "poly" yang artinya banyak, polygamist reader ini suka baca lebih dari satu buku di waktu yang sama. Misalnya, siang hari dia baca novel romantis, tapi sorenya baca juga novel horor. Tapi dia tetap menikmatinya, mengerti alur cerita dengan baik tanpa tercampur-aduk. Biasanya si polygamist reader ini memang suka banget sama yang namanya baca buku. 

Monogamist Reader

Monogamist reader ini kebalikan dari polygamist reader. Bisa disebut kalau ini jenis pembaca yang setia. hehe.... Soalnya, dia akan bertahan dengan satu buku dulu sampai selesai, sebelum ganti buku bacaan lain. Bahkan nggak jarang dia suka membaca ulang buku yang dia suka banget.
Extrovert Reader

Extrovert reader ini jenis pembaca yang suka berpetualang. Dia suka mencoba membaca banyak buku dari berbagai genre. Mencoba membaca genre baru adalah hal yang menarik buatnya, karena bisa menambah pengalaman membacanya. Biasanya dia akan senang banget kalau ada teman yang kasih rekomendasi buku baru.

Introvert Reader

Kebalikan dari extrovert reader, pembaca jenis ini justru lebih suka bertahan dengan satu atau dua jenis genre kesukaannya saja. Dia jarang melirik jenis genre lain dan hati-hati banget saat pilih buku. Tapi saat membaca jenis pembaca ini yang paling serius, dia suka menganalis alur cerita dan karakternya. Nggak jarang dia merasa ikut masuk dalam cerita yang sedang dia baca.

Altruist Reader

Altuist reader ini biasanya kalau habis baca buku bagus dengan senang hati dia akan merekomendasikan buku tersebut ke teman-temannya. Dia senang banget kalau ada temannya yang minta rekomendasi buku bagus. Nah, jenis pembaca ini biasanya punya blog pribadi yang isinya resensi buku-buku yang pernah dibacanya.

Neurotic Reader

Neurotic reader ini sering merasa ada banyak gangguan saat dia membaca. Alasannya macam-macam, dia suka menunda waktu baca, mendadak bosan atau malas. Nggak jarang pembaca jenis ini suka gonta-ganti buku bacaan padahal buku yang sebelumnya belum selesai dia baca. Butuh perjuangan ekstra untuk dia bisa menyelesaikan membaca bukunya.

Kira-kira kalau kamu termasuk jenis pembaca yang mana, ya? Salah satu dari enam jenis pembaca tersebut atau justru perpaduan dari beberapa jenis pembaca?
http://www.penerbitspring.com/blog/32/kamu-jenis-pembaca-yang-mana/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Sumatera Barat

Mengapa Wanita Cantik Terkadang Pasangannya Tidak Tampan?