Jenius, Cerdas atau Pintar ???



Jenius adalah istilah untuk menyebut orang yang dapat menguasai suatu atau berbagai bidang intelektual yang ditunjukkan dalam hasil yang kreatif dan orisinal. Seorang jenius tidak hanya tidak hanya mampu menguasai suatu bidang atau berbagai bidang, namun dapat juga menemukan hal lain atau menciptakan sesuatu yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain. Orang jenius adalah orang yang sangat cerdas dan sangat pintar.

Cerdas adalah istilah untuk menyebut orang yang dapat mengaplikasikan apa yang diberitahuakan. Dia mampu berpikir rasional untuk mendapatkan solusi tanpa harus bergantung pada suatu hal. Mereka yang cerdas biasanya spontan dan penuh kreatifitas. Dia lebih suka membiarkan orang lain menjelaskan isi dari suatu buku daripada membacanya sendiri. Orang cerdas tidak terlalu menyukai hal-hal detail dan cenderung mudah bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Orang cerdas juga adalah orang pintar, hanya saja dia dapat mengolah kepintaran yang ada dalam dirinya. Cerdas adalah pemberian tuhan, tidak banyak orang yang tiba-tiba menjadi cerdas, kebanyakan mereka cerdas sudah bawaan sejak kecil.

Pintar adalah istilah untuk menyebut seseorang yang mempunyai keahlian di atas rata-rata pada suatu bidang tertentu. Tetapi keahlian itu didapat dari belajar. Semua orang bisa menjadi orang pintar asalkan dia mau belajar tekun dan belajar keras. Untuk menjadi orang pintar memerlukan proses dan waktu yang tidak sedikit. Orang-orang yang pintar tak akan keberatan membaca berlembar-lembar buku dan melakukan riset. Biasanya yang termasuk orang-orang pintar ini adalah yang rajin, tekun, dan ulet.

Kalau pendapat diatas diambil dari berbagai sumber dan pendapat saya sendiri, dibawah ini definisi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Jenius:
(tidak ada hasil)

Cerdas:
1 Sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dsb), tajam pikiran
2 Sempurna pertumbuhan tubuhnya (sehat, kuat)

Pintar:
1 Pandai, cakap
2 Cerdik, banyak akal
3 Mahir (melakukan atau mengerjakan sesuatu)


Yang manakah kalian?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Sumatera Barat

Mengapa Wanita Cantik Terkadang Pasangannya Tidak Tampan?